PUTRI ARIANI, DISABILITAS BERPRESTASI INDONESIA

https://bangka.tribunnews.com/2023/06/12/pengorbanan-orang-tua-putri-ariani-dampingi-anaknya-sukses-audisi-americas-got-talent-rela-resign

Putri Ariani, nama yang sering terdengar saat ini, bukan hanya di Indonesia bahkan di Amerika dan di dunia. Hal tersebut disebabkan oleh penapilannya yang berhasil mengguncang panggung America’s Got Talent 2023 dengan salah satu single nya yang berjudul ‘Loneliness’. Gadis 17 tahun ini bahkan mendapat golden buzzer dari salah seorang juri yakni Simon Cowell.

Putri Ariani dilahirkan dari pasangan Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty di Bakinang, Riau pada 31 Desember 2005. Putri dilahirkan dalam kondisi prematur ketika usia kandungan ibunya masih 6 bulan. Di usianya yang baru 3 bulan, Putri divonis mengalami kebutaan total. Meskipun menjadi penyandang tunanetra, Putri tidak patah semangat meraih mimpinya di dunia music dan menjadi seorang diva. Saat ini Putri tinggal di Yogyakarta. Ia memiliki hobi bernyanyi sejak masih berusia 4 tahun dan sejak saat itu, ia juga sering mengikuti lomba atau ajang pencarian bakat.

Pada tahun 2014, Putri mengawali karirnya dengan mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent dan berhasil menjadi Juara. Pada tahun 2016, Putri mendapatakan penghargaan sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional pada Anugerah Baiduri. Pada tahun yang sama ini, Putri juga mendapat juara 2 nasional literasi FLS2N dan juga menjadi salah satu finalis The Voice Kids Indonesia musim kedua. Pada tahun 2018, Puti dipercayai untuk menjadi salah satu penyanyi Official Theme Song Asian Games 2018 dengan judul ‘Song of Victory’. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Putri bersama Once, Armand Maulana, Maudy Ayunda, dan Vidi Aldiano.

Putri juga rutin meng-cover lagu-lagu baik dari musisi tanah air maupun internasional. Cover-cover tersebut diunggah di channel Youtube pribadinya yang selalu mendapat respon positif oleh warganet. Selain cover lagu, sejak tahun 2020 Putri juga menciptakan belasan lagu single. Album perdana Putri yang bertahuk ‘Melihat Dengan Hati’ juga dirilis di channel Youtube-nya. Salah satu lagu dalam album tersebut yang berjudul ‘Loneliness’ berhasil membuat Simon Cowell terpesona hingga menekan golden buzzer, bahkan memujinya bahwa Putri merupakan salah satu penyanyi terbaik dalam America’s Got Talent. Sebelum membawakan lagu ini, Putri mengatajkan bahwa tantangan terbesarnya adalah mengubah pola pikir orang bahwa dia adalah musisi, bukan hanya penyandang tunanetra biasa. “Aku memang buta. Tapi saat aku menyanyi, aku merasa seperti seorang superstar” Ujar Putri.

Sumber:

https://kaltimpost.jawapos.com/feature/08/06/2023/profil-putri-ariani-lahir-prematur-tuna-netra-sejak-usia-3-bulan-kini-guncang-dunia-lewat-suara-emasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *